Mempromosikan
bisnis online
ternyata dapat dilakukan dengan berbagai cara. Mulai dari strategi
promosi yang gratisan sampai strategi yang berbayar dapat digunakan para
blogger untuk meningkatkan traffic kunjungan blog miliknya. Sehingga
blog atau website yang mereka miliki menduduki posisi teratas atau
minimal masuk dalam daftar top 10 pada mesin pencarian.
Dari beberapa cara yang dapat digunakan para blogger untuk
mempromosikan bisnis onlinenya, saat ini strategi promosi yang sering
digunakan adalah SEO (Search Engine Optimization) dan PPC (Pay Per Click).
Dua strategi tersebut banyak digunakan para blogger, karena terbukti
cukup efektif dan sangat membantu pelaku bisnis online dalam
mengenalkan situs miliknya kepada masyarakat luas.
Meskipun promosi dengan SEO maupun PPC sama-sama memberikan untung
besar bagi pelaku bisnis online. Namun kedua cara promosi tersebut
memiliki kekurangan dan kelebihan yang berbeda, sehingga sebagian orang
memilih SEO untuk mempromosikan blognya dan sebagian lainnya ada pula
yang lebih memilih PPC.
SEO (Search Engine Optimization)
Yang dimaksud dengan SEO atau search engine optimization
adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis, agar situs
Anda mudah diindex oleh mesin pencarian. Sehingga website atau blog
tersebut memiliki tingkat kunjungan yang cukup tinggi, dan menduduki
urutan teratas pada search engine (mesin pencarian).
Keuntungan menggunakan SEO
- Dengan menggunakan kata kunci tertentu, website atau blog Anda lebih
mudah ditemukan pengunjung melalui mesin pencarian. Jadi bisa
dipastikan dengan bantuan SEO, situs Anda akan berpeluang besar
dikunjungi banyak orang.
- Menggunakan SEO sama halnya menekan biaya iklan. Sebab, ketika
menggunakan SEO kita tidak membutuhkan biaya pemasangan iklan seperti
halnya promosi PPC.
- Promosi menggunakan SEO juga memudahkan para blogger untuk memantau
sejauh mana perkembangan blog mereka. Sehingga evaluasi dapat dilakukan
dengan segera, dan dapat menentukan berbagai cara untuk mengoptimalkan
promosi blog tersebut.
- Pagerank cepat naik. Semakin sering website Anda berada pada halaman
pertama mesin pencarian, maka semakin besar pula peluang Anda
mendapatkan banyak kunjungan. Dan tentunya pagerank website Anda juga
ikut naik, seiring meningkatnya pengguna internet yang semakin loyal
dengan website Anda.
Kekurangan menggunakan SEO
- Memeras waktu dan tenaga. Jika Anda memilih SEO, berarti Anda siap
meluangkan waktu dan tenaga ekstra untuk mengerjakan semua hal teknis
yang dapat mendukung SEO serta memantau perkembangan website setiap
harinya.
- Persaingan cukup tinggi, mengingat hampir semua blogger menggunakan SEO untuk mengoptimalkan blog maupun website miliknya.
- Perkembangan situs yang menggunakan SEO, sangat tergantung dengan
posisi mereka di search engine. Jadi, ketika posisi sebuah situs di
mesin pencarian turun, maka secara otomatis kunjungannya juga akan
menurun.
Beriklan Menggunakan Pay per click (PPC)
PPC atau pay per click yaitu salah satu bentuk iklan
berbayar yang biaya iklannya dihitung sesuai dengan jumlah klik yang
telah dilakukan para pengunjungnya. Biasanya cara ini sering dilakukan
para penyelenggara maupun pelaku bisnis affiliate.
Keuntungan memilih PPC
- Traffic kunjungan meningkat dengan pesat. Menggunakan sistem promosi
PPC, sangat membantu para blogger untuk mendatangkan kunjungan dengan
sangat cepat. Sehingga peningkatan traffic blog juga sangat pesat.
- Menghasilkan pendapatan lebih cepat dibandingkan dengan promosi SEO.
Sudah banyak penyelenggara maupun pelaku affiliate, yang mendapatkan
omset sangat cepat dengan menggunakan sistem PPC.
- Biaya iklan dapat Anda sesuaikan dengan anggaran. Sebagai pemula
dengan modal terbatas, Anda tidak perlu takut. Karena biaya iklan yang
dikeluarkan dapat dikontrol, sesuai dengan dana yang Anda miliki.
- Lebih efisien. Dibandingkan SEO yang membutuhkan waktu dan tenaga
untuk mengurus segala hal teknisnya, promosi dengan PPC hanya mewajibkan
Anda untuk mencari space iklan yang strategis. Dan selanjutnya Anda
tinggal mengawasi iklan-iklan yang telah Anda pasang.
Kekurangan memilih PPC
- Membutuhkan biaya untuk pasang iklan. Meskipun omset yang dihasilkan
cukup besar, namun sistem PPC juga membutuhkan biaya iklan yang
besarnya sesuai dengan jumlah klik yang dilakukan para pengunjung. Jadi
bagi Anda yang bermodal minim, sesuaikan pemasangan iklan yang Anda
lakukan dengan besarnya dana yang Anda miliki.
- Mencari space iklan yang strategis tidaklah mudah. Agar iklan Anda
diketahui banyak orang, sebaiknya pasang pada website atau blog yang
memiliki tingkat kunjungan cukup tinggi. Atau bisa juga memanfaatkan
space iklan pada blog yang sedang bertumbuh, dengan syarat iklan yang
Anda pasang cukup menarik para konsumen. Sehingga dimanapun iklan Anda
dipasang, dapat mendatangkan kunjungan yang cukup tinggi.
- Saat ini persaingan iklan di internet sudah cukup padat, karenanya
sebisa mungkin buatlah desain iklan yang menarik. Agar iklan yang Anda
pasang mendapatkan perhatian dari konsumen, dan tidak tenggelam di
tengah persaingan iklan lain.
Setelah membahas keuntungan dan kekurangan yang dimiliki dua cara
promosi tersebut, diharapkan para pembaca yang tertarik menekuni
berbagai
peluang bisnis di internet,
dapat menentukan strategi manakah yang paling tepat dengan bisnis yang
akan mereka jalankan. Karena cara promosi yang Anda pilih, menentukan
kesuksesan bisnis yang Anda jalankan. Selamat mencoba dan salam sukses!
Artikel keren lainnya:
Belum ada tanggapan untuk "Promosi Dengan SEO atau Beriklan Menggunakan PPC? "
Post a Comment