
Tak bisa dipungkiri bahwa meningkatnya jumlah pengguna internet
setiap harinya, selalu diiringi kemunculan para blogger baru yang ingin
ikut ambil bagian meraih sukses di dunia maya. Hal ini tentunya membuat
persaingan bisnis di internet
kian hari juga semakin padat. Oleh karenanya para blogger harus
berjuang keras dan saling berlomba untuk mempromosikan alamat situs
mereka ke masyarakat luas, sebelum akhirnya menawarkan produk unggulan
yang mereka miliki kepada para konsumennya.
Salah satu strategi yang dapat digunakan para blogger untuk promosi blog ke masyarakat luas yaitu dengan
menggunakan email marketing. Apa itu email marketing? Yang dimaksud
dengan email marketing adalah surat elektronik (email) yang sengaja
dikirimkan seorang blogger untuk mempromosikan blog atau mengenalkan
brand yang mereka miliki kepada calon konsumen. Biasanya email marketing
berisi penawaran produk, informasi atau tips, serta produk gratis
(bisa berupa ebook atau software) yang sengaja dikirimkan para blogger
untuk menciptakan loyalitas konsumen.
Meskipun keberadaan email marketing sangat membantu kegiatan promosi
bisnis online, namun untuk bisa sukses melakukan email marketing
ternyata tidak semudah yang dibayangkan banyak orang. Karena sampai hari
ini, terbukti masih banyak konsumen yang belum tertarik untuk membaca
kiriman email marketing dari beberapa blogger, sehingga promosi yang
dilakukannya juga belum optimal.
Untuk mengantisipasi kemungkinan tersebut, mari kita bahas bersama
hal-hal yang perlu diperhatikan para blogger, agar email marketing yang
kita buat dapat menarik minat konsumen untuk membuka, membaca, dan
membeli produk yang ditawarkan.
Pertama, buat judul yang menjual. Untuk memancing
konsumen tertarik membuka kiriman email Anda, maka sebaiknya buatlah
judul yang benar-benar menjual. Hal ini akan membuat para pembaca
penasaran, sehingga mereka tertarik untuk membaca isi dari email
tersebut. Selain itu, cantumkan pula judul email pada kolom subject.
Sehingga para pembaca bisa membedakan manakah email yang benar-benar
bermanfaat, dan mana email spam.
Kedua, tawarkan isi yang menarik. Selain judulnya
yang menjual, lengkapi isi email dengan sesuatu yang menarik. Pastikan
juga isi email Anda mudah dipahami para pembaca. Sehingga para pembaca
tertarik membaca email Anda sampai selesai, tidak hanya membacanya
sekilas lalu menghapusnya. Selanjutnya, gunakan bahasa yang bisa
mengakrabkan Anda dengan para konsumen. Agar email marketing Anda tidak
dianggap spam oleh para konsumen.

Keempat, letakan link dengan tepat. Sebagian besar pelaku bisnis online
tidak terlalu mementingkan letak link yang dicantumkan. Sehingga tak
jarang pembaca malas membaca kiriman email sampai selesai, karena
peletakan link yang kurang tepat bisa merusak minat pembaca.
Sebaiknya jika link Anda cukup panjang, maka letakan alamat link di
bagian akhir setelah informasi selesai disampaikan. Jadi, konsumen bisa
membaca isi email hingga selesai sebelum akhirnya memutuskan untuk
bergabung dengan penawaran yang Anda berikan.
Semakin banyak orang yang tertarik membuka email marketing dari Anda,
maka semakin besar pula peluang yang Anda ciptakan untuk mempromosikan
sebuah blog. Oleh karena itu, buatlah email marketing yang sebaik
mungkin, agar jalan menuju kesuksesan bagi blog Anda juga semakin
terbuka lebar. Selalu lakukan yang terbaik, untuk mendapatkan hasil
yang terbaik pula.
Sekian dulu informasi tentang promosikan blog Anda dengan email marketing yang
dapat kami sampaikan, semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca dan
bisa membantu para blogger dalam meningkatkan penjualan produknya.
Selamat berkarya dan salam sukses.
No comments:
Post a Comment