
Belakangan ini aneka peluang bisnis online
mulai ramai dijalankan para pelaku usaha di Indonesia, namun sayangnya
tidak sedikit jumlah konsumen di negara kita yang belum sepenuhnya
mengenal sistem transaksi online. Bahkan sampai hari ini masih banyak
masyarakat Indonesia yang belum memanfaatkan fasilitas internet dengan
maksimal. Sehingga tidak heran bila mereka belum terbiasa dengan sistem
jual beli online dan cenderung kurang percaya dengan segala transaksi
yang dilakukan melalui media tersebut.
Kondisi ini tentunya menjadi salah satu kendala besar bagi para
pelaku bisnis online. Sebab, tanpa adanya kepercayaan dari para
konsumen, bisa dipastikan bila minat masyarakat terhadap bisnis online
cenderung rendah dan omset penjualan yang didapatkan pelaku usaha juga
akan ikut berkurang. Karena itu, sebelum terjun menekuni bisnis online
diperlukan strategi bisnis jitu dalam membangun kepercayaan konsumen untuk bertransaksi online.
Lalu, kira-kira langkah apa saja yang bisa Anda lakukan untuk membangun kepercayaan konsumen?
Berikut ini kami informasikan lima tips mudah yang bisa Anda jalankan
untuk menumbuhkan kepercayaan dan rasa nyaman dari para konsumen.
Pertama, berikan respon yang cepat dan tepat. Dalam
menjalankan bisnis online, tentunya Anda dituntut untuk bergerak aktif
dan cukup dinamis ketika melayani para konsumen. Melalui media online
yang selalu aktif 24 jam non-stop, berusahalah untuk memberikan
pelayanan secara cepat dan tepat bagi para konsumen Anda. Misalnya saja
melayani transaksi pembelian online selama 24 jam non-stop, menjawab
setiap pertanyaan konsumen dengan jelas, hingga menghadapi komplain
pelanggan dengan tanggapan yang cukup positif.
Kedua, tawarkan proses pembelian yang cukup mudah.
Ketidaknyamanan konsumen terhadap bisnis online bisa muncul ketika
mereka menghadapi proses pembelian yang terlalu berbelit-belit.
Menghadapi sistem yang terlalu rumit, tentunya konsumen merasa kurang
senang dengan pelayanan situs tersebut dan lebih memilih berpaling untuk
pindah ke website lain. Contohnya saja seperti layanan pembelian online
yang mewajibkan calon konsumennya untuk menyebutkan nomor identitas
diri, atau nomor kartu kredit sebelum mereka membeli produk di toko online tersebut.
Ketiga, gunakan cara pembayaran yang sederhana. Agar
konsumen percaya dengan bisnis online yang Anda jalankan, sebaiknya
gunakan sistem pembayaran yang mulai familiar di kalangan masyarakat.
Misalnya saja seperti cash on delivery (dibayarkan ketika
barang diterima konsumen) atau melalui transfer via bank. Mintalah para
konsumen untuk mencantumkan bukti transfer bagi para pembeli yang
melakukan pembayaran melalui bank.
Keempat, tepat waktu dalam melakukan pengiriman barang. Salah satu permasalahan yang sering dikeluhkan para pelanggan yaitu mengenai proses pengiriman barang yang memakan waktu cukup lama. Kondisi seperti ini tentunya bisa mengecewakan para pelanggan, sehingga para pelaku usaha diharapkan memilih jasa pengiriman yang paling terpercaya untuk mengirimkan produk pesanan pelanggan.
Kelima, berikan sesuai permintaan konsumen. Dalam melayani permintaan konsumen, pastikan bahwa Anda telah memberikan apa yang mereka inginkan. Jagalah kualitas barang yang Anda kirimkan dan sesuaikan dengan pesanan yang disampaikan para konsumen. Hal ini penting agar kepercayaan konsumen mulai terbangun, sehingga untuk selanjutnya mereka tidak segan-segan untuk memesan produk Anda lagi.
Hadirnya kepercayaan dari para konsumen, menjadi modal utama bagi Anda untuk bisa sukses menjalankan sebuah usaha. Semoga informasi tips bisnis online ini bisa memberikan manfaat bagi para pembaca dan membantu para pemula yang tertarik menekuni bisnis di internet. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses.
Keempat, tepat waktu dalam melakukan pengiriman barang. Salah satu permasalahan yang sering dikeluhkan para pelanggan yaitu mengenai proses pengiriman barang yang memakan waktu cukup lama. Kondisi seperti ini tentunya bisa mengecewakan para pelanggan, sehingga para pelaku usaha diharapkan memilih jasa pengiriman yang paling terpercaya untuk mengirimkan produk pesanan pelanggan.
Kelima, berikan sesuai permintaan konsumen. Dalam melayani permintaan konsumen, pastikan bahwa Anda telah memberikan apa yang mereka inginkan. Jagalah kualitas barang yang Anda kirimkan dan sesuaikan dengan pesanan yang disampaikan para konsumen. Hal ini penting agar kepercayaan konsumen mulai terbangun, sehingga untuk selanjutnya mereka tidak segan-segan untuk memesan produk Anda lagi.
Hadirnya kepercayaan dari para konsumen, menjadi modal utama bagi Anda untuk bisa sukses menjalankan sebuah usaha. Semoga informasi tips bisnis online ini bisa memberikan manfaat bagi para pembaca dan membantu para pemula yang tertarik menekuni bisnis di internet. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses.
No comments:
Post a Comment